1) Siswa dapat menuliskan
macam-macam pencemaran lingkungan setelah membaca blog.
2) Siswa dapat membuat rumusan masalah terkait dengan pengaruh susunan bahan penyaring terhadap kualitas air setelah membaca wacana permasalahan.
3) Siswa dapat merumuskan hipotesis terkait dengan pengaruh susunan bahan penyaring terhadap kualitas air setelah membuat rumusan masalah.
4) Siswa dapat mengidentifikasi tiga variabel penelitian yang berkaitan dengan percobaan pengaruh susunan bahan penyaring terhadap kualitas air setelah membuat rumusan hipotesis.
5)
Siswa dapat
merancang percobaan untuk membuktikan pengaruh susunan bahan penyaring terhadap kualitas air setelah membaca literatur yang mendukung.
6)
Siswa dapat melakukan percobaan tentang pengaruh susunan bahan penyaring terhadap kualitas air setelah merancang desain percobaan.
7)
Siswa dapat menganalisis data hasil percobaan tentang penjernihan secara sederhana terhadap kualitas air secara cermat.
8)
Siswa dapat menyimpulkan tentang penjernihan air secara sederhana terhadap kualitas air dengan benar.
9) Siswa dapat membuat rumusan masalah terkait dengan pengaruh jumlah vegetasi terhadap penurunan suhu ruang setelah membaca wacana permasalahan.
10) Siswa dapat merumuskan hipotesis terkait dengan pengaruh jumlah vegetasi terhadap penurunan suhu ruang setelah membuat rumusan masalah.
11) Siswa dapat mengidentifikasi tiga variabel penelitian yang berkaitan dengan percobaan pengaruh jumlah vegetasi terhadap penurunan suhu ruang setelah membuat rumusan hipotesis.
12) Siswa dapat merancang percobaan untuk membuktikan pengaruh jumlah vegetasi terhadap penurunan suhu ruang setelah membaca literatur yang mendukung.
13) Siswa dapat melakukan percobaan tentang pengaruh jumlah vegetasi terhadap penurunan suhu ruang setelah merancang desain percobaan.
14) Siswa dapat menganalisis data hasil percobaan tentang jumlah vegetasi terhadap penurunan suhu ruang secara cermat.
15) Siswa dapat menyimpulkan tentang pengaruh jumlah vegetasi terhadap penurunan suhu ruang dengan benar.